Rabu, 09 Oktober 2013

Pengolahan Sampah Ala Jepang

   Emmm... haloo... Readers 'o')/ datang lagi dengan tulisan yang gak luput dari sampah lagi :3 . Yess.. seperti judulnya berkaitan dengan cita-cita saya banget. Jepang,kenapa sih harus Jepang?kenapa nggak Inggris atau negara maju lainnya..errr terserah penulis dong,mau Jepang kek,mau Thailand,Korea terserah ane..loh... maaf ..maaf bercanda (^^)v.
        Jepang adalah negara yang unik menurutku,selain itu tata kelola lingkungan mereka juga baik termasuk masalah sampah. Mereka sangat displin ketika mengelola sampah dan perhatiaannya dengan kebersihan. Mungkin kita bisa tercengang kalo kesana (sok tau -_-) ini menurut berbagai sumber dan memang bisa dipastikan hasilnya gak meleset dengan apa yang aku tulis barusan. Uniknya seperti yang aku pikirkan waktu aku mau buang sampah tiap harinya ,yang aku pikirin "kenapa gak ada pengkategorian sampah yang lebih spesifik,gak cuma sampah organik dan anorganik biar ntar kalo dikelola lebih gampang?" eittss ternyata di Jepang udah diterapi ... sial -_-. Misalnya sampah yang bisa dibakar,sampah kaleng/kaca,sampah makanan dsbg itu ada wadahnya sendiri.







   Selain pengkategorian tempat sampah,juga ada jadwal pembuangan sampahnya untuk bisa mengatur dan mengelola sampah dengan baik.



 
 http://msholihulh.files.wordpress.com/2009/09/garbage-3.jpg
 http://msholihulh.files.wordpress.com/2009/09/garbage-4.jpg
 http://msholihulh.files.wordpress.com/2009/09/garbage-5.jpg


http://msholihulh.files.wordpress.com/2009/09/garbage-6.jpg


      Keren kan!!!! andai di negara kita ditetapkan kebijakan seperti itu. Tapi nggak sekedar kebijakan untuk dilanggar tapi juga diterapkan dengan baik.Waktu aku berangkat ke kampus ,aku musti melewati 3 tempat TPA. Pagi-pagi 2 TPA aku lewati waktu aku nganter om ke Terminal tiap berangkat kerja. Sepanjang jalan  aku ngeliat petugas-petugas sedang membersihkan daerah perkotaan dan mengumpulkan sampah untuk dibawa ke TPA. Disitu aku ngeliat kalo sampah di TPA bener-bener sampah,loh maksudnya? . Begini sampah yang tidak diolah/dikelola sebelum benar-benar jadi sampah  pasti akan tercampur dengan sampah lainnya apalagi sampah residu (sampah yang tidak bisa diolah lagi) otomatis sampah yang sebelumnya bisa diolah jadi nggak bisa diolah lagi dan numpuk. Bayangkan kalo itu terus-terusan terjadi,sampah semakin banyak dan tidak berdampak baik bagi ekonomi dan sosial sekalipun. Bahkan bisa diperkirakan sampah setahun di Indonesia bisa setara dengan 122 Gelora Bung Karno,kalo terus-terusan gini kita bisa mati tertimbun sampah dong soalnya sampe bingung sampah mau ditaruh  dimana.
 Yosshhh!! Mulai sekarang belajar untuk mengelola sampah sebelum jadi sampah biar ntar kita nggak mati gara0-gara sampah kita sendiri. ^^


Cr: Kompasiana

Baca juga : Rahasia Sukses Pengolahan Sampah di Jepang
Share:

2 komentar: